CABDIN Wilayah Jember Gandeng BBPMP JATIM Wujudkan Sekolah Sehat

KABARJATIM.NET – Dinas Pendidikan Provinsi Jatim dan Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jatim meluncurkan program Revitalisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) melalui Kampanye Sekolah Sehat di Surabaya pada Jum’at 9 Juni 2023.

Program tersebut diluncurkan untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat, dan cerdas berkarakter.

Kepala BBPMP Jatim Sujarno mengajak pemerintah, cabang dinas pendidikan, sekolah, dan seluruh pemangku kepentingan bergotong royong untuk merevitalisasi UKS sebagai upaya promosi kesehatan warga sekolah.

“Mari bergotong royong untuk merevitalisasi UKS melalui kampanye Sekolah Sehat dalam mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat, dan cerdas berkarakter,” ajak Sujarno dalam peluncuran Revitalisasi UKS melalui Sekolah Sehat bersama Cabdin Wilayah Jember.

Dalam peluncuran dan koordinasi Sekolah Sehat, Sugeng Trianto, Kacabdin Wilayah Jember mengajak, satuan pendidikan SMK, SMA dan PKPLK perlu memperhatikan kembali kondisi kesehatan anak.

“Sebab kami percaya bahwa syarat utama anak-anak bisa belajar dengan optimal, apalagi dengan merdeka, adalah kesehatan dan kecukupan gizi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sugeng menjelaskan ada tiga prioritas yang perlu dicapai melalui kampanye Sekolah Sehat, yaitu sehat bergizi, sehat fisik, dan sehat imunisasi.

Sehat bergizi diperoleh dengan memberikan pemahaman gizi seimbang melalui Isi Piringku.  Program tersebut meliputi pembiasaan makan dan minum dengan gizi seimbang, menghindari atau meminimalisir konsumsi makanan cepat saji, berpemanis, berpengawet, kurang serat, tinggi gula, garam, dan lemak, serta pembiasaan kantin sehat dan bersih.

Selain itu, untuk mencapai sehat fisik maka ada beberapa pembiasaan yang harus dilakukan. Misalnya melakukan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) seminggu sekali, melakukan gerakan peregangan saat pergantian jam pelajaran, optimalisasi Lompat, Lari, Lempar, Loncat (4L) melalui permainan rakyat dan olahraga tradisional pada jam istirahat, optimalisasi intrakurikuler dan ekstrakurikuler olahraga, serta dengan melakukan pembiasaan jalan kaki.

Pada sehat imunisasi, ada tiga hal yang bisa dilakukan yaitu pemetaan status imunisasi, pemberian rekomendasi, dan pelaksanaan imunisasi dasar lengkap bagi usia sekolah.

Untuk mewujudkan Revitalisasi UKS melalui Sekolah Sehat pada satuan pendidikan SMK, SMA dan PKPLK, ada banyak sasaran yang terlibat yaitu seluruh manajemen sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, tim pembina dan pelaksana UKS, orang tua, serta masyarakat atau komite sekolah.

Gerakan Sekolah Sehat dibawah naungan Cabdin Wilayah Jember akan dimulai secara serentak mulai ajaran baru 2023/2024.

“Sekali lagi saya ingin mengajak Ibu dan Bapak kepala sekolah yang berada dibawah naungan Cabdin Wil Jember, pendidik / guru , tenaga kependidikan, serta orang tua, adik-adik pelajar, dan seluruh lapisan masyarakat, termasuk dari satuan pendidikan swasta untuk menggerakkan kampanye Sekolah Sehat untuk agar anak didik kita menjadi insan yang sehat cerdas dan unggul,” tutup Kacabdin Wilayah Jember.(***)

3 tanggapan pada “CABDIN Wilayah Jember Gandeng BBPMP JATIM Wujudkan Sekolah Sehat”

  1. Pingback: PPDB JATIM SMA SMK 2023 Cabdin Wilayah Jember Dibuka! Pendaftaran Secara Online - Kabar Jatim

Tinggalkan Balasan