SMK 3 PANCASILA JEMBER: KEJUARAAN TEKNIK DIBARENGI KREATIVITAS SENI

Kabarjatim.net – SMK 3 Pancasila di Jember menunjukkan bahwa kecintaan pada bidang teknik tidak menghalangi siswanya untuk berkembang dalam bidang seni. Meskipun mayoritas siswanya adalah laki-laki dan berfokus pada jurusan teknik, sekolah ini berhasil menunjukkan bakat yang beragam dalam kegiatan seni yang memukau serta beberapa prestasi gemilang.

Dengan berbagai ekstrakurikuler yang menawarkan variasi, SMK 3 Pancasila memberikan ruang bagi siswanya untuk mengeksplorasi bakat seni mereka. Kegiatan seni seperti tari, karawitan, reog, hadrah dan marching band menjadi bagian integral dari kehidupan sekolah ini.

Dalam seni tari, SMK 3 Pancasila mengukir prestasi gemilang dengan berpartisipasi dalam Porprov Jatim 2023 pada bidang dance sport. Sebuah pencapaian luar biasa yang menunjukkan keberanian dan dedikasi siswa-siswi dalam mengejar prestasi di dunia seni tari.

Sementara itu, kegiatan karawitan di SMK 3 Pancasila menjadi yang terdepan di Jember. Meraih juara harapan 3 dalam festival karawitan kreasi tembang dolanan, mereka juga menjadi kebanggaan sekolah dengan undangan tampil dalam berbagai acara, termasuk peringatan HUT RI 78 di Kecamatan Ambulu.

Tidak hanya itu, keberhasilan SMK 3 Pancasila juga terpancar melalui kegiatan marching band mereka. Menjadi bagian dari peristiwa besar seperti Jember Fashion Carnival (JFC), pembukaan ASEAN Games di Palembang, dan peringatan Hari Pendidikan di Kabupaten Jember, marching band sekolah ini telah menaklukkan banyak panggung.

Puncaknya, dalam kejuaraan parade drumband Bupati Cup 2022 di Jember, SMK 3 Pancasila meraih berbagai penghargaan, termasuk juara 2 kategori street parade, juara 2 gitapati terbaik, dan juara 3 mayoret terbaik. Tidak hanya itu, mereka juga berhasil meraih juara 2 dalam karnaval tingkat SMK di Kecamatan Ambulu.

SMK 3 Pancasila Jember memperlihatkan bahwa keberagaman kegiatan seni dapat berkembang subur di tengah keunggulan teknik. Prestasi demi prestasi yang diraih oleh siswa-siswi sekolah ini adalah bukti bahwa semangat dan bakat seni tidak mengenal batasan jurusan.

Tinggalkan Balasan