Siswa Cabdin Wil Jember Raih Prestasi Tingkat Nasional, Kacabdin: Reward Menanti Sang Jawara

Kabarjatim.net – Keberhasilan gemilang datang dari Cindy Faiza Nabila, seorang siswi kelas XII MIPA 2 SMA Nuris Kabupaten Jember, Jawa Timur.
Pada Jumat, 1 September 2023, Cindy berhasil meraih medali perak dalam kategori astronomi pada ajang prestisius, Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023, yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat.

Cindy, yang merupakan seorang santri Ponpes Nuris, tampil sebagai perwakilan Jawa Timur dalam kompetisi tingkat nasional ini.
OSN 2023, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), merupakan ajang bergengsi yang telah dimulai sejak tanggal 28 Agustus hingga 2 September 2023.

Sebanyak 1.475 siswa dari jenjang pendidikan dasar (SD/MI) dan pendidikan menengah (SMP/MTs dan SMA/MA) dari 38 provinsi, serta Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di lima negara berpartisipasi dalam kompetisi ini.
Negara-negara tersebut adalah SILN Myanmar, SILN Malaysia, SILN Singapura, SILN Belanda, dan SILN Saudi Arabia.

Atas prestasi gemilang yang diraihnya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Jember, Sugeng Trianto, memberikan komitmen untuk memberikan reward kepada Cindy.
“Cabdin Wilayah Jember akan memberikan reward kepada siapapun yang mengharumkan nama lembaga dan mengharumkan Provinsi Jatim. Termasuk kita akan memberikan Reward kepada Cindy,” ujar Sugeng.

Selain memberikan penghargaan, Sugeng juga menyampaikan selamat atas prestasi yang telah diraih oleh SMA Nuris.
Ia mengapresiasi pencapaian mereka dalam event OSN dan menyatakan komitmen untuk mempersiapkan dan mendorong siswa-siswa dari sekolah lain agar dapat meraih prestasi di berbagai lomba bertaraf nasional.

Staf Ahli Menteri bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin, juga memberikan apresiasi kepada para peserta OSN.
Ia mengungkapkan bahwa para peserta OSN adalah pemenang-pemenang dan talenta-talenta terbaik dari berbagai penjuru Indonesia, dari ujung Aceh hingga ujung Papua.

Prestasi gemilang Cindy Faiza Nabila ini tidak hanya mengharumkan nama dirinya dan SMA Nuris, tetapi juga membanggakan seluruh Jawa Timur.
Keberhasilannya diharapkan akan menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk terus berprestasi dan berjuang menuju kesuksesan di bidang sains.*

Tinggalkan Balasan