FOKUS PADA BIDANG TEKNOLOGI DAN REKAYASA: SMK 3 PANCASILA UKIR NAMA GEMILANG DI KOMPETISI TINGKAT PROVINSI

kabarjatim.net – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Pancasila di Kabupaten Jember menorehkan prestasi membanggakan dalam dunia kompetisi teknologi dan rekayasa. Pada tahun 2023, siswa-siswa SMK 3 Pancasila menjadi perwakilan terbaik Kabupaten Jember dalam Lomba Kompetensi Siswa tingkat Provinsi Jawa Timur. Siswa-siswi SMK 3 Pancasila menjadi wakil Kabupaten jember dalam kategori CNC turning, welding, dan automobile.

Dalam babak bergengsi kategori automobile technology, tim yang salah satunya siswa SMK 3 Pancasila menunjukkan keahlian luar biasa dengan memperoleh prestasi tertinggi sebagai juara 2. Keberhasilan ini semakin mengukuhkan reputasi SMK 3 Pancasila sebagai lembaga pendidikan yang mengedepankan kualitas dan keunggulan dalam bidang teknologi.

Namun, prestasi SMK 3 Pancasila tidak berhenti di tingkat kompetisi saja. Melalui kerjasama strategis dengan beberapa perusahaan ternama seperti Daihatsu, Bambang Jaya Surabaya, Intidaya Jember, dan CV Buana Engineering, sekolah ini mampu memberikan peluang berkarier yang menjanjikan bagi para siswa. Bahkan, kolaborasi dengan PT JIAEC membuka pintu bagi siswa untuk menyalurkan tenaga kerja langsung ke Jepang.

Dampak positif dari sinergi ini terlihat jelas, dimana sejumlah siswa SMK 3 Pancasila yang belum lulus sudah mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan-perusahaan tersebut. Dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh industri, 20 siswa SMK 3 Pancasila pada tahun ajaran 2023/2024 telah ditawari bekerja di PT Bambang Jaya dan UD Surya Jember per tanggal 11 Januari 2024.

Kepala Sekolah SMK 3 Pancasila, Muhammad Gufron(41), menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang telah diraih oleh para siswa. “Prestasi ini adalah hasil dari kerja keras, disiplin, dan semangat juang para siswa kami. Kami berkomitmen untuk terus mengarahkan mereka pada peningkatan kualitas dan prestasi di bidang teknologi dan rekayasa,” ungkapnya.

Prestasi di bidang kompetisi serta kolaborasi dengan industri besar tidak hanya menciptakan generasi muda yang kompeten, tetapi juga membuktikan bahwa SMK 3 Pancasila telah menjadi motor penggerak dalam menghasilkan generasi penerus yang siap bersaing di kancah global.

Tinggalkan Balasan