Kacabdin Jember Mengumumkan Kebijakan Pengambilan Ijazah PKLPK, SMK, dan SMA Secara Gratis untuk Alumni Angkatan 2000 dan seterusnya

Kabarjatim.net – Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Jember, Bapak Soegeng Riyadi, mengumumkan kebijakan baru yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada alumni PKLPK, SMK, dan SMA di wilayah Jember. Dalam pernyataannya, Bapak Soegeng mengumumkan bahwa pengambilan ijazah bagi alumni angkatan 2000 ke atas akan diberikan secara gratis tanpa syarat.

Ijazah adalah dokumen resmi yang memberikan bukti sah atas kelulusan seorang siswa dari suatu lembaga pendidikan. Keputusan ini diambil sebagai upaya untuk mendukung akses pendidikan yang lebih luas dan memudahkan alumni dalam mengakses ijazah mereka.

“Pentingnya ijazah sebagai bukti formal kelulusan tidak bisa diabaikan. Ijazah bukan hanya sebagai syarat administratif, tetapi juga merupakan kunci untuk membuka pintu peluang karir dan pendidikan lebih lanjut. Kami berharap dengan kebijakan ini, alumni dapat dengan mudah mengakses ijazah mereka tanpa beban biaya,” ungkap Bapak Soegeng dalam konferensi pers.

Program ini juga mendapatkan dukungan dan apresiasi penuh oleh  Agus Muttaqin, M.H., selaku Ombudsman Jatim. “Langkah Kacabdin Wil Jember dalam program pengambilan ijasah / tanpa menahan Ijasah SMA SMK PKPLK merupakan program yang perlu di contoh dan dapat dijadikan rujukan Dinas Pendidikan di Indonesia,” ujarnya.

Pemutihan biaya pengambilan ijazah ini diharapkan dapat membantu alumni dalam menghadapi tantangan ekonomi, terutama di masa pandemi ini. Bapak Soegeng menekankan bahwa kebijakan ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada masyarakat Jember, khususnya para lulusan yang mungkin mengalami kesulitan ekonomi.

Proses pengambilan ijazah akan dilakukan pada jam kerja, Senin hingga Jumat, untuk memastikan kenyamanan dan ketersediaan petugas di satuan pendidikan. Alumni yang berminat dapat menghubungi satuan pendidikan terkait untuk informasi lebih lanjut dan prosedur pengambilan ijazah.

Kacabdin Jember berharap bahwa kebijakan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi masa depan para alumni, membuka peluang baru, serta memberikan motivasi tambahan untuk melanjutkan pendidikan atau memasuki dunia kerja.

Tinggalkan Balasan